Selasa, 17 Juli 2012

THE DOCTOR: Catatan Hati Seorang Dokter

Apakah Anda sering beranggapan  bahwa menjadi dokter berarti menjadi kaya? Apakah Anda juga pernah menganggap dokter  sebagai profesi dengan banyak keuntungan? Singkirkan semua pikiran itu sebelum Anda membaca karya Triharnoto yaitu “The Doctor: Catatan Hati Seorang Dokter.” Karena penulisnya juga berprofesi sebagai dokter, maka Anda akan menemukan banyak sekali realita di balik kehidupan dokter yang sesungguhnya.
            Menurut penulis, kehidupan dokter tidak seindah yang dibayangkan banyak orang. Di dalamnya terdapat banyak sekali intrik yang mungkin bagi orang awam tidak masuk akal. Dokter seringkali menerima pandangan miring dari masyarakat. Pandangan bahwa dokter merupakan salah satu profesi yang banyak mengeruk keuntungan dari jasanya. Terkadang bahkan masyarakat beranggapan bahwa menjadi dokter itu enak, hanya periksa sebentar uang langsung di tangan. Benarkah begitu mudahnya kehidupan dokter? Tidak pernahkah Anda mendengar banyaknya dokter yang dituntut oleh pasien karena malpraktik ataupun pelayanan yang tidak memuaskan? Tidak pernahkah pula Anda mencoba mencari tahu bagaimana kehidupan sehari-hari seorang dokter yang seringkali harus berhadapan dengan pasien-pasien yang terlalu banyak tuntutan?
            Dokter pun manusia yang tidak lepas dari salah. Dalam buku ini, dijelaskan tentang bagaimana hubungan ideal antara dokter dan pasien yang seharusnya. Penulis juga menuliskan pengalaman-pengalaman selama menjadi dokter, pengalaman menangani berbagai pasien penyakit yang berbeda, pengalaman menghadapi keluarga pasien, dan pengalaman harus memperjuangkan nyawa pasien. Anda mungkin tidak membayangkan sebelumnya bagaimana rasanya menjadi dokter yang harus bekerja dalam keterbatasan alat dan SDM di saat pasien tidak mau tahu keterbatasan tersebut dan hanya meninggikan egonya. Sebelumnya mungkin Anda juga sering berkata,”Ah, berobat di dokter X itu mahal sekali obatnya.” Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa sekarang ini obat-obatan dan alat-alat kesehatan merupakan salah satu komoditas industri terbesar di dunia? Sudahkan Anda tahu adanya perbedaan antara obat original/paten, obat mitu, dan obat generik?    
           Penulis mengupas secara tuntas mengenai semua realita kehidupan seorang dokter menurut pengalaman dan pandangan penulis. Semua ditulis dalam bahasa sederhana yang mudah dipahami dan sangat mengena. Penulis juga menyisipkan pengetahuan-pengetahuan mengenai dunia kedokteran dengan bahasa yang ringan. Buku ini bukanlah bentuk pembelaan diri penulis sebagai seorang dokter, namun buku ini berusaha memberikan gambaran yang gamblang mengenai kehidupan dokter yang sesungguhnya. Setelah membaca buku ini diharapkan tidak ada lagi kesalahpahaman antara dokter dan pasien serta diharapkan dapat meningkatkan komunikasi yang lebih baik antara dokter dan pasiennya. Semua itu tentunya tidak terlepas dari harapan agar di masa yang akan datang tidak terjadi lagi kasus-kasus seperti yang dialami oleh Prita Mulyasari. Selamat Membaca.

2 komentar:

  1. kak... kakak beli buku ini dimana? syukron :)

    BalasHapus
  2. MGM Resorts (Nasdaq: MGM) | Jackson, NC - JamBase
    MGM Resorts, the parent company of 제주 출장안마 the Seminole Tribe, 순천 출장샵 is the 춘천 출장마사지 sole 과천 출장마사지 owner and operator of casinos in Jackson, NC. The 제주도 출장안마 company owns and operates

    BalasHapus