Senin, 08 April 2013

Who is friend??

Apakah jawabanmu ketika kamu ditanya apakah arti teman bagimu?? Apakah teman itu hanya sekadar orang-orang yang bisa menemanimu jalan? Menemanimu makan? Duduk di sampingmu? Atau bahkan hanya sekadar orang yang bisa kamu manfaatkan? Kalau memang itu jawabanmu, mohon tinjau ulang teman seperti apakah dirimu.
Bagiku, jika hidupku adalah semesta, maka teman adalah bintang-bintangnya. Mereka yang menghiasi semestaku. Teman bukanlah sekadar orang-orang yang ada saat kita bahagia. Namun, teman sejati adalah orang-orang yang justru selalu ada di samping kita di saat terkelam kita. Teman bukan juga hanya tempat berkeluh kesah. Temanku adalah representasi pertemananku..
Lalu, siapakah yang bisa kita sebut sebagai teman? Diakah yang selalu ada di samping kita ataukah dia yang tahu di mana ia harus berdiri untuk kita? Seorang teman tidak hanya akan menyanjung-nyanjung kita. Teman justru akan berkata tajam kepada kita saat kita salah, tidak menutupi kesalahan kita demi senyum kita. Teman sejati akan membiarkan kita menangis kecewa alih-alih tersenyum takabur saat kita melakukan hal yang buruk. Teman tidak hanya akan memeluk kita saat kita menangis, tapi justru mendekap kita erat saat kita tertawa. Karena saat bahagia adalah saat-saat yang justru dapat melalaikan kita. Teman akan selalu ada untuk mendekap kita agar tak lalai akan keadaan.
"Seorang teman sejati akan membuatmu hangat dengan kehadirannya, mempercayai akan rahasianya dan mengingatmu dalam doa-doanya."
Sudahkah kamu menyebut nama teman-temanmu di tiap sujud-sujud panjangmu?? Ingatlah, bahwa kesuksesanmu, keberhasilanmu, kebahagiaanmu, tidak hanya bersumber dari usahamu, doamu, doa kedua orang tuamu, tapi mungkin juga doa teman-temanmu yang selalu menyebut namamu di setiap sujud panjang mereka. Di setiap malam mereka.
Bertemanlah dengan orang-orang yang baik maka kamu pun akan menjadi baik.. Janganlah berteman dengan orang-orang yang justru akan lari lebih cepat saat kalian bersama-sama menghadapi bahaya..

Teruntuk teman-temanku, sahabbat-sahabatku, bintang-bintangku..
Terima kasih atas setiap senyum yang terukir, setiap jabat yang menguatkan, setiap peluk yang menghangatkan, setiap kata yang menenangkan.

1 komentar: